Wednesday, January 13, 2016

Peluang Usaha Ternak Ikan Gabus

Peluang Usaha Ternak Ikan Gabus Sebagai Bisnis Sampingan Di Rumah

Budidaya Ikan Gabus

Lahan Sempitpun Bisa Jadi Lahan Budidaya Ikan Gabus. Siapa yang tak kenal dengan ikan gabus, salah satu ikan yang hidup di air tawar yang mempunyai rasa daging yang enak kalau di olah seperti digoreng, bahkan kalau di padang ikan ini paling enak jika Direndang. Selain dagingnya yang enak terdapat juga manfaat kesehatan yang menurut para ahli kesehatan di dalam daging ikan gabus mengandung Albumin sebagai pengobatan penyakit seperti Stroke, Hepatitis maupun infeksi paru-paru. 

Dengan banyaknya manfaat dari ikan gabus disamping untuk kesehatan juga sebagai lahan bisnis dengan cara membudidayakan ikan gabus di lahan yang sempit, dengan tidak memelukan lahan yang luas untuk kolamnya. Nah di sini kita tidak akan membahas spesifik manfaat untuk penyakit Stroke akan tetapi akan bahas bagaimana cara Membudidayakan Ikan Gabus. Langkah-langkah yang harus di dilakukan dalam budidaya ikan gabus adalah sebagai berikut : 
  • Buat kolam terpal yang baik, aman dan ideal untuk budaya ikan. 
  • Pelajari cara pembibitan, pemeliharaan, perawatan hingga ikan gabus siap panen. 
  • Pada umumnya kolam terpal di buat segi empat sesuai dengan banyak ikan yang akan dimasukan atau bisa di sesuaikan dengan lokasi yang akan di pergunakan. 
  • Selayaknya kedalaman kolam ini lebih kurang 1 meter. 
  • Buatlah kolam dengan kokoh agar tidak mudah rusak, anda bisa gunakan bahan seperti kayu, beton ataupun dengan kerangka besi. 

Setelah kolam selesai maka langkah selanjutnya adalah mempelajari cara Budidaya Ikan GabusSebelum memasukkan bibit ikan gabus ke dalam kolam sebaiknya kolam di isi air yang di campur dengan biodion df dan biarkan selama satu minggu, jangan terburu-buru memasukan bibit. Setelah menunggu 1 minggu baru bibit di masukkan ke dalam kolam, di saat ini jangan langsung di beri pakan tunggu dulu minimal 2 hari baru bibit di kasih pakan. Selanjutnya Bibit di rawat hingga panen, dengan memperhatikan kebersihan kolam, memberi makan secara rutin dan yang perlu di perhatikan adalah jangan memberi makan, jika ikan dalam keadaan stress, maksudnya adalah jika kita memindahkan dari kolam yang satu ke kolam yang lain, akibat dari perpindahan tersebut ikan akan mengalami stres. Okelah demikian sedikit cara untuk membudi dayakan ikan gabus pada lahan yang sempit.

Simak juga artikel tentang :
Budidaya
Keunggulan Budidaya Ikan Kolam Terpal